“Bro Yere, Selamat Jalan Menuju Pusat Kehidupan Kekal”

Tak dapat disangkal kepiawaiannya dalam moderasi setiap diskusi, talk show, training, seminar online, web seminar ataupun suatu kolokium. Meskipun begitu, dia selalu menampilkan diri yang rendah hati, penuh pengertian, suka menolong dan tetap menunjukkan rasionalisme kritis. Sang dosen mengajar matakuliah Humaniora yang mencakup Etika dan Filsafat di Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta serta memegang matakuliah Character Building Pancasila dan Character Building Agama di Universitas Bina Nusantara. Kompetensi mengajar Etika dan Filsafat menempatkan beliau dalam jajaran staf Pusat Pengembangan Etika UNIKA Atma Jaya Jakarta.

Publikasi ide rasionalisme kritis dan liberal moderen di berbagai jurnal ilmiah serta media arus utama, termasuk penulisan Term of Reference (ToR) sejalan dengan harapan Bidang Litbang LP3KN dan LP3KD. Karena itu sebagai rekan dosen, sahabat diskusi, serta saudara seiman, dosen senior dan berpengalaman ini diminta untuk memerkuat Litbang LP3KN. Dia bahkan memulai Langkah awal di LP3KN dengan mencairkan suasana ilmiah dalam moderasi suatu kolokium yang digelar LP3KN dan LP3KD, 25 Juli 2020 lalu, yang bertajuk “Covid-19 dan Humanisme Katolik”. Sejarah singkat Bapak Yeremias Jena di LP3KN dan LP3KD menyumbang standar ilmiah yang kuat di Litbang LP3KN dan LP3KD. Namun, kepergian Bapak Yeremias Jena, verifikasi suatu kepastian menuju kehidupan yang kekal. Akibatnya kami yang senantiasa bersama sahabat terbaik Yeremias dalam setiap diskusi di zoom meeting sungguh mengalami missing brother Yeremias.

Memang tidak dapat diingkari kepergian Bro Yere menimbulkan duka yang panjang dan mendalam. Warisan ilmiah Bro Yere motivasi kemandirian berpikir dan aplikasi dalam berbagai bidang kerja termasuk di bidang Litbang LP3KN dan LP3KD. Pemikiran Bro Yere selama ini mendorong kita untuk bertolak lebih jauh dan lebih dalam kala manage kegiatan penelitian dan pengembangan. Berpikir aplikatif dan inovatif memang mengagumkan karena itu harus selalu dimasukkan dalam diskursus Litbang LP3KN dan LP3KD. Dan. Ternyata semuanya tidak komprehensif di sini. Justru Bro Yere kini bertolak menuju suatu titik yang lebih komprehensif nan kekal abadi kasih setiaNYA. Selamat jalan Bro Yere. Selamat mengalami kehidupan yang kekal bersama Allah Bapa, Allah Putera, Allah Roh Kudus, para santo dan santa, serta para malaikat kudus di surga. Dari Kerjaan Allah, doakan keluarga, doakan LP3KN dan LP3KD serta kami yang tengah berjuang dalam berbagai konteks pengetahuan. God bless us. (Silver Lake)

Add Your Comment

Berita Terkini

Berita terkini Pesparani menyuguhkan informasi hangat seputar kegiatan sehari-hari, penyelenggaraan event, serta kejadian-kejadian di lingkungan sekitar.

@2020 Pesparani. All Rights Reserved.