MISA AWAL TAHUN 2022: CINTA KASIH KRISTUS YANG MENGGERAKKAN PERSAUDARAAN

Misa awal tahun 2022 pengurus Lembaga Pembinaan dan Pengembangan PESPARANI Katolik Nasional (LP3KN), mengusung tema “Cinta Kasih Kristus Yang Menggerakkan Persaudaraan”. LP3KN adalah lembaga yang tepat untuk membina dan mengembangkan Pesparani serta seni budaya gereja. Pada tahun 2017, Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia, Nomor 998, menimbang, mengingat, memutuskan, menetapkan Pengurus dan Bagan Struktur Organisasi LP3KN periode pertama tahun 2017-2022. Di sini semua pengurus berjumpa dan berkarya. Dalam periode pertama berkarya, LP3KN mampu memikat perhatian umat Katolik Indonesia dan diaspora Indonesia di berbagai negara. Memasuki tahun kelima berkarya, rasa percaya diri menguatkan langkah untuk terus berkiprah melalui berbagai karya. Sebelum berkarya sepanjang tahun 2022, pengurus LP3KN ikut mengambil bagian dalam Misa Onsite Awal Tahun 2022, pada hari Sabtu, 8 Januari 2022, di Kapela, LDD-KAJ, Jl Katedral No.5 Jakarta Pusat.

Persiapan misa, pengaturan dan perapihan benda liturgis, serta penyesuaian paduan suara LP3KN terdengar indah dan harmonis seperti in dalam perayaan ekaristi sesungguhnya. Memang pelatih dan penyanyi tingkat nasional menunjukkan kepiawaian dan kualitasnya. Acara pertama dibuka oleh Ibu Erta Irawati sebagai MC dan lektris dengan meyampaikan selamat datang, Selamat Natal dan Tahun Baru 2022. Misa konselebrasi dipimpin oleh Romo John Rusae sebagai selebran utama didampingi konselebran, Romo Paulus C Siswantoko, Romo Agustinus Heri Wibowo, Romo Yohanes K Jeharut, Romo Riston Situmorang, OSC, dan Romo Leo Ansis. Hadir dalam Misa Awal Tahun 2022, PlT. Dirjen Bimas Katolik, Bpk. Albertus Magnus A Sumardjono, SE, MHum. Direktur Urusan Agama Katolik, Dr. Aloma Sarumaha, MA, MSi. Kemudian, Ketua Umum LP3KN, Prof. Adrianus Meliala, PhD serta segenap pengurus LP3KN.

Dokumentasi LP3KN

Misa Konselebrasi Awal Tahun 2022 dan Pisah Sambut dipimpin oleh Romo John Rusae (Ketua II lama), Romo Siswantoko (Ketua I lama), Romo Heri Wibowo (Ketua III), Romo Hans Jeharut (Ketua I baru), Romo Riston Situmorang (Ketua II baru), dan Romo Leo Ansis (IT Support Bidang Litbang). Misa Konselebrasi diselenggarakan di Kapela LDD KAJ, 8/1/2022.

Romo Siswantoko dalam membawakan homili berangkat dari Perayaan Pesta Pembaptisan Tuhan. Lalu menyampaikan dua hal penting dari Pesta Pembaptisan Tuhan Yesus Kristus yaitu pertama, umat manusia mengetahui jati diri dan identitas Tuhan Yesus Kristus Anak Allah, dan kedua, solidaritas Tuhan Yesus Kristus yang rendah hati, ditunjukkan melalui pembaptisan dengan mereka yang hadir dan dibaptis oleh Johanes Pembaptis di sungai Yordan. Pada bagian penerapan, Romo Siswantoko menyebutkan bahwa kita pun sama, lahir, dibaptis, dan menjadi anak Allah. Dan, setelah dibaptis, Tuhan Yesus Kristus melewati hidupNya dengan berkarya di ruang publik, mengajar, menyembuhkan orang sakit dan berkotbah di atas bukit. Pada masa sekarang, kita berkarya dalam konteks LP3KN. Romo Siswantoko menunjukkan kaitan antara perutusan dan karya di LP3KN antara lain sebagai orang yang dibaptis, bertumbuh, berkembang dan menghasilkan buah. Beberapa poin yang disampaikan seperti kasih bertumbuh dan berbuah persaudaraan; komitmen dan tanggung jawab bertumbuh serta berbuah kinerja yang baik; relasi bertumbuh dan berbuah saling mengenal dan menjadi akrab dengan pemerintah, hirarki gereja, dan umat beriman. Secara nyata, Pesparani membuat banyak pihak bertemu. Seminar, Webinar, dan pelatihan menjadi proses transmisi pengetahuan bagi sesama saudara.

Pada bagian penutup homili, Romo Siswantoko menunjuk dekorasi altar bernuansa buah buahan. Sambil menunjuk, sang Romo menanyakan buah mana yang paling baik dan paling mahal. Bagi umat yang hadir dan mendengarkan homili, secara spontan menyebut berbagai buah dalam dekorasi tersebut. Saat itu, Romo Siswantoko menyampaikan bahwa di luar sana banyak orang menantikan buah yang dihasilkan LP3KN antara lain; buah yang baik dan enak, buah yang menyegarkan, buah yang memberi pengharapan, buah yang membuat orang mencintai lagu dan budaya gereja kita, serta orang Katolik yang semakin percaya diri sebagai bagian integral dari bangsa Indonesia. Selamat Tahun Baru 2022. Semoga tahun baru ini merupakan kesempatan emas untuk melipatgandakan buah dari tahun 2021.

Misa Onsite Awal Tahun 2022 yang diadakan di Kapela, LDD-KAJ, dilanjutkan dengan foto bersama, dipandu oleh fotografer, Ibu Fransisca Rema Sakeng serta acara ramah tamah Natal-Tahun Baru dan acara pisah sambut, dipandu Ibu Erta dari Jawa, Ibu Rachel dari Sulawesi, dan Ibu Lidya dari Kalimantan. Acara Pisah-Sambut Romo Siswantoko dengan Romo Yohanes serta Romo John Rusae dengan Romo Riston diwarnai dengan video kebersamaan berjudul “Datang akan Pergi” serta lagu dan pantun “Rasa Sayange”.

Romo John dalam sambutannya menyatakan bahwa LP3KN bentukan Bimas Katolik dan KWI, berpengaruh dan membawa manfaat. Baru sekali penyelenggaraan Pesparani di Ambon, Maluku namun pengaruhnya terasa dan bergema sampai sekarang. Romo John berpesan bahwa LP3KN sebagai lembaga yang kuat dan dinamis tetap dijaga dan dipelihara sehingga semakin optimal dalam pelayanan terhadap masyarakat dan gereja. Romo John berterima kasih atas kontribusi dan pengorbanan dalam melahirkan dan membesarkan lembaga baru ini. Walaupun banyak tantangan yang dihadapi lembaga ini dan pengurus tetap bertahan serta menemukan solusi dalam kesetiaan mengabdi untuk gereja dan tanah air. Memang sebagai Ketua II yang koordinasi Bidang Lomba Cipta Lagu Gerejani, Bidang Susdiklat, serta Bidang Litbang, kesepakatan yang biasa diambil selalu digerakkan melalui diskusi kritis. Romo John yang kembali ke keuskupan asal, Keuskupan Agung Kupang, menutup sambutannya dengan ucapan terima kasih, permohonan maaf, serta salam sampai jumpa di Kupang Timor NTT.

Dokumentasi LP3KN

Penghargaan dan Terima Kasih disampaikan Bapak Ketua Umum LP3KN, Prof. Adrianus Meliala, Bendahara I, Ibu Veronika W Sulistyo, dan Kabid Penyelenggara Kegiatan, Bpk. Albertus SE Prabowo kepada Romo John Rusae dan Romo Siswantoko. (8/1/2022)

Selama empat tahun berkarya di LP3KN, Romo Siswantoko mengucap syukur karena memeroleh banyak hal melalui diskusi bersama. Memang cape, lelah, namun menyenangkan. LP3KN memerkaya dalam banyak hal seperti organisasi, peran kebersamaan, penyelenggaraan berbagai kegiatan yang kreatif, serta hubungan kemasyarakatan. Romo Siswantoko yang melanjutkan tugas baru sebagai Sekretaris Eksekutif KWI, menyampaikan terima kasih banyak, mohon maaf, serta selamat berjuang untuk meneruskan LP3KN ini.

Pada bagian terakhir dari sesi sambutan, Ketua LP3KN, Prof. Adrianus Meliala, Romo Yohanes yang melanjutkan tugas dan tanggung jawabnya sebagai Ketua I, Romo Riston yang mengawali tahun 2022 dengan tugas baru sebagai Ketua II, serta PlT Dirjen Bimas Katolik, Bpk. Albertus Magnus A Sumardjono, menyampaikan harapan dan realisasi kerja sama. Diingatkan kembali gambaran tugas, program kerja, serta anggaran menuju Pesparani II, Kupang NTT. Setelah rangkaian acara digelar mulai dari Misa Awal Tahun 2022 sampai dengan acara pisah sambut, Romo Leo Ansis memimpin doa makan malam bersama.

Dokumentasi LP3KN

Romo Konselebrans bersama PlT Dirjen Bimas Katolik, Bpk. Albertus Magnus A Sumardjono, Direktur Urusan Agama Katolik, Dr. Aloma Sarumaha, dan Ketua Umum LP3KN, Prof. Adrianus Meliala di tengah pengurus LP3KN dalam Acara Pisah Sambut yang penuh dengan kegembiraan. (8/1/2022)

Selanjutnya, marilah, ikut serta dalam mewujudkan keberhasilan pada berbagai bidang dan level di LP3KN dan LP3KD. Pengalaman selama tahun 2021 membuka wawasan semakin luas dalam konteks mengembangkan seni budaya gereja. Ilmu dan iman berakar semakin kuat sehingga mampu menumbuhkan dan melipatgandakan hasil yang dicapai. Percayalah! Cinta Kasih Kristus menggerakkan persaudaraan dan perjuangan bersama. God bless LP3KN and LP3KD.

ditulis oleh: Litbang LP3KN, Silverius CJM Lake

Add Your Comment

Berita Terkini

Berita terkini Pesparani menyuguhkan informasi hangat seputar kegiatan sehari-hari, penyelenggaraan event, serta kejadian-kejadian di lingkungan sekitar.

@2020 Pesparani. All Rights Reserved.