Rapat Kerja Nasional (Rakernas) LP3KN dan LP3KD baru saja berlangsung sebulan yang lalu tanggal 13-15 Mei 2022. Rakernas tersebut diadakan dengan tujuan untuk mengambil keputusan yang diperlukan sebagai koridor, pedoman, dan pegangan bersama dalam memersiapkan Pesparani II di Kupang, NTT dan Pesparani III di DKI Jakarta. Hal ini disampaikan Bpk. Hasiholan Siagian, Ketua Panitia Rakernas dalam sambutan buku “Lima Tahun Geliat LP3KN-LP3KD 2017-2022”. Tentunya tujuan ini sejalan dengan harapan Bpk. Ketua Umum LP3KN, Prof. Adrianus Meliala yang identifikasi beberapa permasalahan dalam perjalanan LP3KN-LP3KD selama lima tahun. Terkait dengan hal tersebut, hasil Rakernas menjadi semangat baru bagi pengurus LP3KN dan LP3KD untuk memberi makna bagi masyarakat Katolik, bangsa, dan negara.

Rakernas tiga hari yang diselenggarakan di Wisma Samadi Klender, Jakarta Timur dialami dan evaluasi demi peningkatan penyelenggaraan berbagai event. Dari sisi survei tiga hari Rakernas, masih terbatas partisipasi peserta Rakernas dalam evaluasi kegiatan. Namun, terdapat banyak input dari LP3KN dan berbagai LP3KD dalam mendorong pengembangan lembaga yang tengah bergeliat selama lima tahun ini. Dengan menggunakan hasil survei ini, marilah memelajari bagaimana mengemas dan menyelenggarakan suatu peristiwa fenomenal berkelas nasional. Semoga hasil survei ini mengarahkan pada suatu metode baru dalam penyelenggaraan Pesparani II 2022 dan Pesparani III 2023 yang sedang disiapkan.

Survei Hari Pertama Pembukaan Rakernas 2022

Misa Pembukaan diselenggarakan secara konselebrasi dengan selebran utama adalah Bpk. Uskup Keuskupan Bandung, Mgr. Antonius Subianto Bunjamin OSC. Misa mulia dan khusyuk, didukung oleh paduan suara bernama Vox Amabilis. Sangat setuju 57.8% dan yang setuju 42,2%. Dalam rangka menjaga keceriaan acara sepanjang Rakernas, panggung dan backdrop perlu ditata dengan baik dan menarik serta tertera tema Rakernas.

            Ketika analisis Rangkaian Acara Seremonial Pembukaan Rakernas 2022 terdapat korelasi positif antara semangat peserta Rakernas, sambutan yang disampaikan, serta suguhan lagu dan music, dengan persiapan yang dilakukan selama empat bulan.

Hal tersebut dapat dilihat dari hasil survei 44.4% responden menyatakan sangat setuju, 51.1% menyatakan setuju dan 4.5% menyatakan netral. Dari korelasi positif tersebut terdapat beberapa masukan antara lain soal kehadiran tepat waktu.

            Selain itu pemaparan Plt. Dirjen Bimas Katolik dan Direktur Agama, Pendidikan Kebudayaan Kementerian PPn/Bappenas memberikan pandangan yang baik sehingga memerkaya wawasan peserta Rakernas. Hal ini dibuktikan dengan hasil survei berikut:

24% responden menyatakan sangat setuju, 66.7% menyatakan setuju, serta 8.9% menjawab netral. Harapan dari beberapa peserta Rakernas bagi pemapar agar memersiapkan materi dengan lebih baik di masa yang akan datang.

Dengan menggunakan data survei berikut, dapat dilihat juga acara malam keakraban. Hasil survei menyatakan 20% sangat setuju, 68.9% setuju, 8,9% netral. Namun masih terdapat 2.2% yang tidak setuju. Walaupun demikian, acara yang digelar untuk mendukung dan mempererat persaudaraan sesama LP3KN dan LP3KD, diatur Seksi Acara Rakernas 2022 dengan baik sekali. Sejumlah masukan yang perlu diperhatikan antara lain meningkatkan koordinasi, kerja sama, kompak, dan semangat dalam acara kebersamaan.

            Survei ini juga meliputi kategori fasilitas dan dukungan setiap seksi. Fasilitas yang tersedia dengan kerja sama inter- dan antarseksi berpengaruh terhadap pegelaran Rakernas 2022. Selain itu, input dari peserta Rakernas pun membantu penyelenggara pada event selanjutnya. Marilah melihat hasil survei dengan kategori fasilitas baik offline maupun online. Hasil jajak pendapat tentang fasilitas mendukung kelancaran acara ditunjukkan dengan 15.6% menyatakan sangat setuju, 66.7% menyatakan setuju, dan 17,8% menyatakan netral.

Efek dari kerja sama antarseksi pun menunjukkan tingkat kepuasan responden terhadap rangkaian acara pembukaan Rakernas. 31.1% menjawab sangat setuju, 64.4% menyatakan setuju, dan netral sebanyak 4.5% Hasil survei ini memerlihatkan bahwa peserta Rakernas mendukung Rakernas dan acara pembukaannya. Sebagian besar peserta menyampaikan terima kasih banyak kepada Panitia Rakernas. Hanya sejumlah peserta menyampaikan usul saran yang penting antara lain; Rakernas berikut diselenggarakan dengan lebih mantap, dikemas dengan lebih bagus, tim kerja yang kompak tetap dijaga. Peserta Rakernas juga berharap buku “Geliat Lima Tahun LP3KN-LP3KD 2017-2022” dibagikan kepada semua peserta.

Survei Hari Kedua Rakernas 2022

            Kegiatan yang dilakukan pada hari kedua Rakernas adalah pemaparan pejabat pemerintah, soft launching Pesparani II Kupang NTT, talk show serta rapat komisi dan rapat pleno. Dalam survei ini, peserta memberikan jawaban tentang pemaparan pejabat pemerintah yang mewakili Bpk. Menteri Dalam Negeri Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian., M.A., Ph.D. serta penyampaian melalui video of tapping, Bpk. Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Gerard Plate. Kemudian, pemaparan yang disampaikan pengurus teras LP3KN dan LP3KD.

Forms response chart. Question title: Pemaparan dibawakan oleh Rm. Hans dengan topik: Quo Vadis LP3K dapat dipahami dengan baik dan jelas. Number of responses: 19 responses. Hasil survei sebagai berikut; 21.1% menjawab sangat setuju terhadap model pemaparan yang baik dan mudah dipahami. 73.7% menjawab setuju, kemudian 5.2% menjawab netral. Sorotan sejumlah peserta terkait dengan Rakernas hari kedua antara lain; memastikan kehadiran pejabat pemerintah, Bapak Menteri. Mayoritas responden menyatakan sebaiknya lokasi Rakernas adalah tempat yang representatif sehingga pejabat pemerintah berkenan hadir. Selain itu, narasumber yang hadir pun patut menyiapkan materi dengan baik.

            Soft Launching Pesparani II Kupang sebagai variasi yang menyenangkan melalui selingan musik Sasando serta tarian Ofa Langga disambut meriah seisi Auditorium Wisma Samadi Klender. Dengan menggunakan data survei, acara soft launching tersebut dikatakan sangat menarik oleh 52.6% dan menarik oleh 47.4%

Forms response chart. Question title: Selingan Musik Sasando dan menyanyikan beberapa lagu yang disiapkan oleh seksi acara sangat menarik.. Number of responses: 19 responses.Pemda Provinsi NTT dalam hal ini Bpk. Wakil Gubernur Drs. Josef Nae Soi, MM bersama Bpk. Wakil Wali Kota Kupang dr. Hermanus Man membuat acara soft launching semakin menarik dan gembira.

            Selanjutnya dilangsungkan talk show yang menjelaskan tentang kesiapan tuan rumah Pesparani Nasional II Kupang NTT serta dukungan dari Kementerian Agama RI. Penjelasan kedua narasumber berpengaruh terhadap tanggapan responden yaitu mayoritas suara (89.5%) menyatakan setuju dan memahami dengan baik.  Namun, responden sangat mengharapkan Direktorat Jenderal Bimas Katolik mendukung sepenuhnya Pesparani II di Kupang NTT baik dalam anggaran maupun keikutsertaan dalam rangka sukses Pesparani II, 2022.

            Saran responden dapat disimak juga dari input tentang sidang komisi lomba dan nonlomba serta sidang pleno. Responden menyatakan bahwa sidang komisi dan pleno berjalan dinamis, lancar, dan berhasil dalam mengambil keputusan. Variabel tersebut didukung oleh 10.5% menyatakan sangat setuju, 78.9% menyatakan setuju, dan 10.5% netral. Meskipun demikian, peserta Rakernas mengharapkan serta menegaskan realisasi rekomendasi hasil sidang komisi dan sidang pleno.

Survei Hari Ketiga Penutupan Rakernas 2022

            Rakernas 2022 yang memerkaya wawasan dan penuh dengan kebijakan diambil demi persiapan dan penyelenggaraan Pesparani Tingkat Nasional II dan III. Acara Rakernas hari ketiga antara lain; Pemaparan Pesparani Nasional III DKI Jakarta, Pembacaan Keputusan Rakernas 2022, serta Misa Penutup.

Hasil survei terkait dengan video of tapping menunjukkan berbagai tanggapan. 14.3% sangat setuju dengan model penyampaian video of tapping. 50% menyatakan setuju, 14.3% netral, namun terdapat 7.1% responden tidak setuju dengan metode tersebut.

            Pembicara pada Rakernas hari ketiga yang berhubungan dengan Pesparani III serta rekomendasi Pesparani II menunjukkan sambutan yang antusias dari peserta. Dengan melihat jawaban survei, peserta Rakernas, 42.9% sangat setuju dengan penyampaian tersebut. 50% peserta setuju, kemudian 7.1% netral.

Dan, seluruh rangkaian acara Rakernas tiga hari ditutup dengan Perayaan Ekaristi meriah. Hasil yang diperoleh dari survei tentang misa penutup adalah 64.3% menyatakan sangat setuju dengan pesa misa konselebrasi yang semarak dan mulia. Selain itu 35.7% menyatakan setuju. Selanjutnya, rekomendasi Rakernas II terkait dengan Pesparani II disampaikan dengan sangat jelas oleh Ketua Panitia Rakernas. Besar harapan peserta, semuanya akan berjalan dengan baik, tuntas, dan berhasil.

Usul Saran

            Berdasarkan survei Rakernas 2022, dibuktikan bahwa Rakernas merupakan rapat kerja pengurus LP3KN dan LP3KD yang sangat penting dan kontributif bagi penyelenggaraan Pesparani II dan Pesparani III. Analisis terhadap hasil suvei dan input peserta Rakernas menjadi usul saran yang patut diperhatikan LP3KN dan LP3KD. Hasil yang diharapkan dari survei ini adalah memberikan gambaran mengenai kesiapan Panitia Pesparani II Kupag NTT, antisipasi Panitia Pesparani III DKI Jakarta, serta dijadikan pertimbangan dan dukungan penuh dari pemerintah serta masyarakat. Rakernas yang melelahkan ini telah menghasilkan rekomendasi yang luar biasa.

Input peserta Rakernas 2022 yang perlu diketahui antara lain: Pertama, evaluasi secara keseluruhan kegiatan Rakernas, meningkatkan koordinasi terkait hal teknis saat melangsungkan Rakernas sepanjang tiga hari. Kedua, Rakernas memang harus dilaksanakan menjelang penyelenggaraan Pesparani bahkan setahun sebelumnya. Namun perhatikan peningkatan pelayanan akomodasi serta pemasangan baliho Rakernas. Ketiga, secara keseluruhan seluruh rangkaian acara sudah dijalankan dengan baik hanya disesalkan narasumber yang diundang diwakilkan. Semoga Rakernas ke depan memastikan kehadiran narasumber yang telah dihubungi. Keempat, memertimbangkan lokasi Rakernas berkaitan dengan kehadiran Bapak Menteri sehingga lebih menyemangati dan mendukung penuh Rakernas. Kelima, memerhatikan kedisiplinan narasumber dan peserta hadir tepat waktu sesuai dengan agenda. Meningkatkan pelayanan, serta menyiapkan tenaga khusus untuk computer dan sound system sehingga acara yang tengah berjalan tidak terputus dan membuang waktu.

Rakernas 2022 sudah selesai. Hasil survei menunjukkan kerja keras panitia dan semua seksi yang terlibat. Sedang dinantikan tindakan untuk memenuhi hasil rekomendasi Rakernas. Diharapkan realisasi kebijakan Rakernas terutama dukungan dana Pesparani Nasional II dan III. Hal ini memainkan peranan penting dan berpengaruh pada keberhasilan penyelenggaraan. Semoga dukungan pemerintah dan masyarakat terhadap Pesparani II dan III menjelmakan Pesparani tingkat nasional yang spektakular dan fenomenal. (Bidang Litbang LP3KN)

Add Your Comment

@2023 Pesparani. All Rights Reserved.