Siang Ini Uskup Pangkalpinang Menerima Audiensi Pengurus Pesparani Katolik Babel

admin Uncategorized, Coding another tagyadaa yadaa
0

PANGKALPINANG, LASPELA-Uskup Pangkalpinang Mgr Dr Adrianus Sunarko OFM akan menerima audiensi Pengurus Pesparani Katolik Babel. Audiensi diselenggarakan di Keuskupan Pangkalpinang.

Pesparani Katolij ini diatur berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 35 Tahun 2016 tentang Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani( (PESPARANI) Katolik. Di Babel kepengurusan berdasarkan SK Gubernur.

“Pembentukan pengurus Lembaga PESPARANI Tingkat Daerah termasuk Kepulauan Bangka Belitung ditetapkan dengan SK Gubernur Babel.” kata Agus Ismunarno, Ketua Pesparani Babel.

Pengurus Lembaga Pembinaan dan Pengembangan PESPARANI Katolik Daerah (LP3KD), kata Agus, disusun melalui rapat bersama antara Bimbingan Masyarakat Katolik, Kementerian Agama RI bersama dengan Komisi Kerasulan Awam (Kerawam) serta bersama dengan sejumlah Tokoh Awam Katolik.

Lembaga PESPARANI KATOLIK ini merupakan tanda kehadiran tiga pilar: Pemerintah-Hirarki Gereja-Masyarakat Umat Katolik. Pesparani juga sebagai wadah kerjasama membangun bangsa dan Gereja Katolik Indonesia khususnya Babel dalam kerangka NKRI bersama umat beragama lainnya.

Agus mengatakan, Bulan Oktober/November 2018 akan diselenggarakan Pesparani Katolik Nasional di Kota Ambon, Maluku.

“Kita akan mengirim kontingen sekaligus mempromosikan wisata seni, budaya, religi dan wisata alam Babel yang begitu indah,” kata Agus.

Yohanes Bosco Otto, Pembimas Katolik (Pembimbing Masyarakat Katolik) memberikan apresiasi kepada para tokoh dan masyarakat Katolik serta hirarki Gereja yang bertaut dalam tiga pilar.

“Kita berharap melalui Pesparani ini, iman Katolik diperkuat sehingga berkontribusi dalam memajukan daerah dan merajut kebangsaan,” kata Bosco.

Selain audiensi dengan Uskup Pangkalpinang, Pengurus Pesparani juga akan melakukan audiensi ke Gubernur Erzaldi Rosman dan Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya.i(*/ags)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *