Tentang LP3K

LP3KN

Lembaga Pembinaan dan Pengembangan PESPARANI Katolik Nasional (LP3KN) adalah lembaga yang berada di bawah Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik Kementerian Agama Republik Indonesia

Pembentukan LP3KN melalui proses yang cukup lama. Pengusulan Pembentukan berawal dari terlaksananya Pesta Paduan Suara Gerejani (PESPARANI) Katolik di Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku. Pada kesempata itu masyarakat Katolik di sana mendesak pembentukan sebuah lembaga untuk menurus PESPARANI Katolik pada tingkat nasional. Keinginan itu dideklarasikan dalam komitmen/kesepakatan bersama yang ditandatangani oleh beberapa pihak.

Dalam rangka menindaklanjuti permintaan yang sama, pada tanggal 5 Oktober 2015 perwakilan dari Provinsi Maluku mengingatkan kembali Direktorat Jenderal Bimas Katolik terhadap kesepakatan tersebut.

VISI

Terwujudnya Aktivitas Menggereja, Seni Budaya Gerejani Yang Hidup Dalam
Kehidupan Menggereja, Bermasyarakat dan Bernegara.

MISI

  1. Menggali, mengembangkan, dan melestarikan kekayaan seni budaya gerejani beserta kandungan nilai-nilai spiritualitasnya dalam perpaduan dengan kekayaan seni budaya lokal, sebagai bagian dari kekayaan iman yang perlu terus diwarisi dan dikembangkan Gereja.
  2. Menggiatkan partisipasi umat dalam menyemarakkan seni budaya dan liturgi Gereja yang bertumpu pada warisan tradisi budaya gerejani dan musik Liturgi dan pengembangan Liturgi yang bersifat inkulturatif.
  3. Menggiatkan kecintaan Umat terhadap Kitab Suci dan Tradisi Gereja dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengamalan terhadap ajaran resmi sebagai penuntun hidup.
  4. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan Umat dalam kehidupan menggereja
    dan bermasyarakat dengan kesadaran baru akan pentingnya mewujudkan kehidupan bersama yang sungguh-sungguh sebagai bentuk liturgi yang hidup bagi kemuliaan Allah dan sebagai pemenuhan tanggung jawab kerasulan Gereja dalam kehidupan bermasyarakat.

Pengurus LP3KN

Pengurus LP3KN terdiri dari perwakilan Gereja (KWI), Pemerintah (Bimas Katolik RI), dan Umat (Perwakilan ormas-ormas katolik)

cropped-pesparani-768x766
Adrianus Meliala
Ketua Umum
cropped-pesparani-768x766
Toni H.F. Pardosi
Sekretaris Umum
cropped-pesparani-768x766
Siti Garsiah
Bendahara
cropped-pesparani-768x766
Sekretaris Eksekutif Komisi Kerawam KWI
Ketua I
cropped-pesparani
Sekretaris Eksekutif Komisi Liturgi KWI
Ketua II
cropped-pesparani
Sekretaris Eksekutif Komisi HAK KWI
Ketua III
@2020 Pesparani. All Rights Reserved.